Peningkatan kualitas proses pembelajaran tentu saja dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas ouput lulusan sehingga mampu bersaing di dunia luar dan lapangan pekerjaan. STPMD “APMD” memberi banyak pilihan kepada calon lulusan, baik sebagai pegawai negeri, maupun pekerja media massa, lembaga penelitian, dosen perguruan tinggi, profesional Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), partai politik (politisi), dan perusahaan swasta. Namun, proyeksi utama STPMD “APMD”  adalah lulusan yang bukan hanya bekerja untuk dirinya sendiri melainkan yang mempunyai kontribusi publik terhadap pemberdayaan masyarakat dan transformasi sosial masyarakat Indonesia. Karena itu orientasi utamanya adalah:

  1. Mempersiapkan calon-calon pemimpin daerah yang unggul dan mempunyai integritas tinggi di mata masyarakat.
  2. Menyiapkan fasilitator (pekerja masyarakat) yang tangguh dalam mendorong pemberdayaan masyarakat lokal.
  3. Menyiapkan perencana dan pekerja media komunikasi  baik  media modern maupun tradisional yang memiliki kepedulian tinggi kepada masyarakat.
 Orientasi pertama dimaksudkan untuk mendorong penguatan kapasitas negara, orientasi kedua untuk mendorong kapasitas dan partisipasi masyarakat, sedangkan orientasi ketiga untuk mendukung tersedianya “ruang” bagi relasi antara negara dan masyarakat.

Untuk mempromosikan lulusannya, STPMD  “APMD” mulai mengembangkan jaringan dan kerjasama dengan berbagai lembaga baik pemerintah, swasta maupun organisasi masyarakat sipil.