Supardal salah satu dosen Prodi Ilmu Pemerintahan program S1 dan S2 telah berhasil meraih doktor Ilmu Politik di Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam waktu relatif cepat 3 tahun lebih sedikit (kata promotor I lulus tercepat dari ke 39 doktor yang telah dilahirkan UMY).

Supardal dengan bimbingan promotor I Prof. Bambang Cipto, MA dan promotor II Prof. Achmad Nurmandi MSc telah menyelesaikan desertasi berjudul : Transformasi Birokrasi Berbasis ICT di Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta, dalam waktu kurang dari 9 bulan sudah memasuki tahap Ujian Tertutup akhir Oktobr 2016 dengan Tim Punguji : Prof. Dr.Tulus Warsito, M.Si, Prof Dr. Wahyudi Kumorotomo, MPP, Prof. Dr. Bambang Cipto, MA,  Dr. Acmad Nurmandi, MSc, Dr. J. Hasse, MA, Dr. Ulung Pribadi, M.Si dan Dr. Mega Hidayati, MA. Dari hasil ujian tertutup yang berlangsung sekitar70 menit dinyatakan lulus dan layak dipromosikan doktor pada ujian terbuka (pengukuhan doktor)

Proses revisi berlangsung sampai akhir Desember dan seharusnya bulan Januari sudah bisa dipromosikan doktor karena sudah memenuhi semua persyaratan. Namun promotor menyarankan untuk melaksanakan publikasi dalam jurnal internasional terlebih dahulu. Untuk memenuhi hal tersebut Supardal mengikuti seminar internasional di Bali dalam : 5th International Conference on Applied Business and Economic Research (ICABER-2017) . Adapun judul makalahnya adalah : “Do Information Communication Tecnology Initiative have Effect on Local Government Bureaucracy Transformation”. Selanjutnya dari hasil seminar internasional itu dipublikasikan dalam  jurnal internasional dengan index Scopus.

Setelah desertasi dipresentasikan dalam forum seminar internasional, pada tanggal 26 Juni 2017 dilaksanakan ujian terbuka atau pengukuhan doktor dengan tim dewan penguji : Dr.Tulus Warsito, M.Si, Prof Dr. Wahyudi Kumorotomo, MPP, Prof. Dr. Bambang Cipto, MA,  Dr. Acmad Nurmandi, MSc,  , Dr. Ulung Pribadi, M.Si, Dr. Suranto, M.Pol, serta Ketua Dewan Penguji Muhammad Nurul Yamin, M.Si, dengan hasil sangat memuaskan.