Sudah menjadi program rutin dari STPMD”APMD”, bagi mahasiswa baru yang telah melaksanakan registrasi akan dilanjutkan dengan mengikuti berbagai macam pelatihan. Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa baru memiliki wawasan dan ketrampilan dasar untuk mengikuti proses-proses selanjutnya terutama di dalam kegiatan kuliah yang akan datang. Selain itu dengan mengikuti pelatihan-pelatihan ini mahasiswa baru akan berinteraksi satu dengan yang lain baik secara individual maupun kelompok. Dengan demikian mahasiswa baru akan mulai beradaptasi dengan situasi kampus yang multikultural.

Setiap mahasiswa baru akan mendapatkan satu paket pelatihan yang terdiri dari pelatihan Siklus Tahunan Desa, pelatihan SPSS (Statistical Package for Social Science) dan Pelatihan Bahasa Inggris.

Pelatihan ini dibagi dalam beberapa angkatan. Setiap angkatan diikuti oleh 75 mahasiswa baru. Pelatihan ini dilaksanakan dalam kurun waktu 2 (dua) minggu. Untuk pelatihan  angkatan pertama dimulai pada tanggal 17 Juli 2017. Fasilitator dalam pelatih an ini terdiri dari dosen-dosen yang memiliki kompetensi dan pengalaman untuk masing-masing bidang. Pelatihan dilaksanakan dengan metode caramah, diskusi dan praktek. Diharapkan dengan metode yang dialogis mahasiswa baru akan dapat berpatisipasi penuh dalam setiap materi pelatihan yang diikuti.