Pos Pemberdayaan Keluarga (POSDAYA) Binangun Sejahtera di Kecamatan Sentolo Kulonprogo, salah satu POSDAYA yang didampingi oleh Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta akan segera memproduksi tempat sampah dari bambu secara massal. Menurut rencana, akan diproduksi sebanyak 12.000 – 15.000 keranjang sampah, yang akan dibagikan kepada setiap kepala keluarga di Kecamatan Wates Kulonprogo. Hal ini untuk memenuhi permintaan Bupati Kulonprogo yang ingin menyukseskan gerakan kota bersih, sekaligus untuk mengapresiasi  karya-karya warga masyarakatnya.

Selain usaha produktif membuat barang kerajinan, POSDAYA Binangun Sejahtera juga sudah merintis terbentuknya Taman Bacaan Masyarakat, PAUD, Bimbingan Belajar, Majalah Dinding, Jamban Keluarga, pembuatan pupuk organik, dan berbagai bentuk usaha pemberdayaan yang lain.

Selain di Kecamatan Sentolo, STPMD “APMD” juga melakukan pendampingan POSDAYA di Kecamatan Lendah (Kulonprogo), Kecamatan Tepus dan Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunung Kidul. Dalam waktu dekat, APMD juga akan melakukan pendampingan POSDAYA di Kecamatan Kraton dan Kecamatan Pakualaman wilayah Kota Yogyakarta.

Gerakan pembentukan POSDAYA yang dimotori oleh Yayasan DAMANDIRI digalakkan untuk membantu pengentasan kemiskinan dan untuk mendukung pencapaian MDG’S 2015. POSDAYA berfokus pada empat pilar pemberdayaan, yaitu pendidikan, kesehatan, kewirausahaan dan lingkungan hidup, meskipun bisa juga dikembangkan di bidang-bidang lain seperti bidang keagamaan dan seni-budaya.

Gerakan POSDAYA mengajak peran serta Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah, dan Lembaga Keuangan atau Bank. Dengan upaya sinergis ini, diharapkan masyarakat yang mandiri, melalui keluarga-keluarga yang mandiri akan  segera terwujud.

“Sebagai perguruan tinggi yang konsisten menaruh perhatian pada pembangunan masyarakat desa dan ingin menjadi perguruan tinggi yang terpercaya sebagai pelopor pembangunan masyarakat desa, APMD Jogja berkepentingan untuk mendukung sepenuhnya program POSDAYA ini!” ungkap Drs. Hardjono, M.Si., Penanggungjawab pendamping POSDAYA  yang sekaligus Kepala P3M di STPMD “APMD” Yogyakarta.