Kamis 16 Februari 2017, kampus STPMD “APMD” Yogyakarta kedatangan 22 Satuan Resimen Mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi baik PTN maupun PTS. Kedatangan satuan menwa ini untuk mengikuti karantina di kampus STPMD “APMD” sebelum mengikuti Diksar Menwa Mahakarta Yudha ke XL di Rindam IV Diponegoro. Diksar diselenggarakan selama 2 (dua) minggu mulai tanggal 17 Februari 2017. Salah satu personel panitia Resimen Mahasiswa yang bernama Elisabet,  mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 22 Satuan Resimen Mahasiswa yang terdiri dari 20 Satuan Resimen Mahasiswa dari Yogyakarta dan 2 Satuan Resimen Mahasiswa dari Surabaya. Peserta yang  mengikuti Diksar sejumlah 250 peserta. Dari 250 peserta ini terdapat depalan ( 8 ) calon Menwa atau Camen yang berasal dari Unit Satuan Ganesha STPMD “APMD” Yogyakarta.

Tujuan dari karantina ini untuk mempersiapkan camen mengikuti Pendidikan Dasar. Hal ini sesuai dengan pernyataan Elisabet yang mengatakan “kegiatan hari ini untuk mempersiapkan para camen mengikuti Diksar Menwa Mahakarta Yudha agar siap secara  fisik dan mental.”

Upacara pelepasan dilaksanakan di Auditorium STPMD “APMD” Yogyakarta yang dihadiri oleh Ketua STPMD “APMD”  Yogyakarta, Habib Muhsin S.Sos., M.Si.,  Wakil Danmen Mahakarta Bapak H. Purwanta, S.IP., MM. dan Wakil Ketua III STPMD “APMD” Bapak Drs. Widyo Hari Murdianto, M.Si.

Dalam kesempatan tersebut bapak Habib Muhsin S.Sos., M.Si meyampaikan kebanggaannya karena STPMD “APMD” Yogyakarta dipercaya menjadi tempat karantina Pradiksar calon Menwa. Selamat dan sukses untuk peserta Diksar. (Tea-Humas)