Masa orientasi mahasiswa baru adalah gerbang penyambutan secara kelembagaan bagi segenap peserta didik yang akan memasuki lingkungan baru, yakni lingkungan akademik dengan segala tugas dan tanggung jawabnya. Masa orentasi mahasiswa yang sering dikenal dengan orientasi pengenalan kampus (OSPEK), atau di STPMD”APMD” dikenal dengan Sosialisasi Internal Kampus (SIKam), di mana momentum ini mengantarkan mahasiswa baru ke suasana kampus yang sebenarnya, penuh dinamika, dialektika, dan pembentukan jatidiri supaya mahasiswa baru dapat memahami dan mengaktualisasikan diri dengan baik.

Merespon perkembangan saat ini, khususnya yang berhubungan langsung dengan misi kampus STPMD “APMD’ sebagai kampus terkemuka membela Desa dan bergerak dalam kerangka besar UU Desa, Maka SIKam kali ini juga dirancang untuk lebih mendekatkan mahasiswa baru pada isu-isu dan gerakan berdesa secara substantif. Sehingga dipandang perlu untuk sebanyak mungkin memperlihatkan bentuk-bentuk upaya dan gerakan di desa, mengenal para pelaku di desa yang didominasi oleh kaum muda, serta menyajikan teladan mengenai bentuk-bentuk kewirausahaan sosial yang tumbuh dan berkembang di Desa. Harapanya tentu saja suaya sejak dini mahasiswa baru STPMD “APMD” dikenalkan dan diberi pemahaman mengenai ruang-ruang kreasi dan inovasi yang bisa digagas kelak selama menempuh pendidikan dan dapat diterapkan di desa mereka.

Berdasakan hal tersebut, banyak agenda telah disusun dan disiapkan secara matang oleh Panitia SIKam Tahun 2017. Salah satu agenda yang sangat penting adalah SUSUR KAMPUNG. Susur Kampung ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu beradaptasi dengan lingkungan dan persoalan-persoalan lingkungan/ kampung di sekitar kampus yang menjadi basis dari STPMD “APMD” ini berada.